opera percantik tampilan browser operamobile untuk oem serta versi androidnya


Demi tetap berkiprah di dunia aplikasi ponsel, Opera Software kabarnya baru saja mengumumkan bahwa telah merilis browser Opera Mobile terbaru yang dibuat khusus untuk smartphone. Aplikasi ini sekarang tersedia pada distributor handset Android, perangkat Windows Mobile, BREW Symbian/S60 dan smartphone. Versi ini memang belum tersedia untuk para konsumen.

Opera Mobile versi distributor ini baru disediakan oleh perusahaan asal Norwegia yang mengembangkan framework UI cross-platform yang juga sedang disatukan tampilannya dengan browser mobile ini. Pada dasarnya, nanti diharapkan tampilan yang sama akan dapat dipakai pada setiap perangkat yang ada, sekalipun berbeda operator dan OEM.

Kini terhitung 135 juta smartphone telah menjalankan Opera Mobile pada berbagai perangkat ponsel dan operator yang berbeda di seluruh dunia. Dengan tampilan antarmuka yang baru rencananya mesin baru ini juga diharapkan memungkinkan OEM dan operator untuk membangun sekaligus untuk bisa digunakan secara beramai-ramai. Opera Mobile juga diharapkan bisa digunakan pula pada perangkat Android, bahkan untuk keluaran terbaru sekalipun nantinya.

Berbeda dari Opera Mobile, Opera Mini sebelumnya sudah sempat berkiprah pada perangkat Android sejak bulan November 2008 lalu. Nantinya Opera Mini versi 5 juta akan tersedia untuk para konsumen, tapi pihak Opera Software sendiri belum mau menyebutkan kapan hal itu akan dilaksanakan.

Comments (0)

Posting Komentar