CoolLife Megxon V5400D: Bisa Dipakai Merekam dan Nge-game


Bila dana Anda belum mencukupi untuk membeli kamera digital saku beresolusi tinggi atau pun camcorder berbasis harddisk, produk minicam seperti CoolLife Megxon V5400D ini bisa menjadi solusi. Minicam ini telah mengusung spesifikasi perekaman foto dan video resolusi tinggi namun harganya kurang dari Rp1,4 juta. Cukup murah kan?

Minicam yang berbobot sekitar 154 gram (tanpa baterai) ini menggunakan layar LCD 2,5” LTPS yang hemat daya. Meski begitu, layar tersebut terlihat tajam saat menampilkan gambar. Layarnya sendiri dapat diputar 270 derajat dan bersambungan dengan bagian lensa yang menyeruak ke bagian kanan saat LCD dibuka.

CoolLife memakai lensa minus zoom optis yang dengan resolusi sebesar 5 megapixel. Jika perlu, resolusi dapat ditingkatkan menjadi 4000 x 4000 pixel (16 MP) dengan sistem interpolasi. Namun kualitas image yang dihasilkan dari proses interpolasi ini memang belum sempurna dengan terindikasinya noise yang cukup banyak.

Meski didesain untuk menangkap gambar secara sederhana, minicam ini telah dilengkapi fasilitas fotografi yang mencukupi, seperti pemilihan scene, feature 2 bidikan dalam 1 frame (couple shot), pilihan ISO, hingga filter warna tertentu. Tidak banyak memang, tapi ini cukup bermanfaat, Anda juga bisa memilih 9 buah frame untuk dipakai pada foto agar tampil lebih cantik. Modus video pun memberikan beberapa feature berguna seperti penstabil gambar, tingkat pencahayaan, hingga pilihan perekaman resolusi HD 720 x 480 pixel (mode D1). Namun sistem kompresi Xvid yang digunakan ternyata masih menimbulkan banyak distorsi, apalagi jika proses zoom digital dilakukan.

Selain merekam video langsung dari lensanya, CoolLife V5400D juga dapat merekam tayangan dari TV melalui fasilitas A/V-in yang tersedia. Sangat menarik jika Anda memang perlu merekam tayangan dari TV. Minicam dapat juga menjadi webcam dengan mengubah pilihan koneksi USB dari mass storage menjadi PC camera, fungsi ini membuat Anda bisa melakukan video conference sambil melakukan chatting. Jika sedang bosan pun Anda dapat memanfaatkan minicam sebagai pemutar musik MP3 atau dapat memainkan 4 buah game yang tersedia (Sodoku, Tetris, Moving Box, dan Lotto). Minicam yang serba guna bukan?

***

Untuk memudahkan pengguna memakai minicam ini ditambahkan sebuah remote control yang bisa mengaktifkan fungsi tertentu (memotret, merekam suara, zooming, game, hingga akses menu) dengan mudah. Cara ini memang lebih mudah dibandingkan memakai tombol jog dial yang kadang meleset dalam memilih feature tertentu. Paket dari minicam juga menambahkan aplikasi dari Ulead meliputi VideoStudio, Cool 360, dan Photo Explorer. Secara keseluruhan, CoolLife Megxon V5400D memang minicam dengan banyak fungsi yang menarik dan cocok untuk mereka menyukai perangkat serbaguna. Harganya yang terjangkau juga menjadi poin lebih untuk mereka yang sensitif dengan dana. (Lucky Arianto – Kontributor)

Comments (0)

Posting Komentar